Pengertian Offside Dalam Permainan Pertandingan Sepakbola Adalah

Pengertian Offside Dalam SepakbolaPengertian Offside Dalam Permainan Sepakbola – Permainan Sepak Bola mempunyai banyak aturan dalam pelaksanaan pertandingannya, banyak hal yang harus kita ketahui agar kita dapat bermain sepakbola dengan baik. Salah satunya adalah tentang peraturan offside, pengertian offside ini harus wajib diketahui oleh para pemain agar nantinya pemain tersebut tidak sering offside saat bermain.

Offside adalah hal yang sering kita jumpai saat melihat pertandingan Sepakbola, namun masih banyak para pecinta sepakbola yang masih belum mengetahui pengertian offside. Pada kesempatan ini Info Sahabat akan berbagi dengan Anda tentang pengertian offside dalam pertandingan sepakbola.

Pengertian Offside Dalam Permainan Pertandingan Sepakbola

Onside & Offside

Pengertian Offside Dalam Permainan Sepakbola

Pengertian Offside Secara Umum dalam Sepakbola Adalah

Offiside adalah sebuah keadaan yang terjadi ketika seorang pemain yang diberikan bola berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Atau juga dimana posisi pemain berdiri sendiri pada daerah lawan ketika menerima bola hasil umpan dari rekan satu tim. Berikut ini Contoh Gambar Offside dan Onside yang admin dapat dari FIFA.

Offise dapat dilakukan lebih dari satu orang, namun offside biasanya lebih difokuskan pada pemain yang menerima bola. Offside juga dapat terjadi di dalam kotak penalti ataupun di luar kotak penalti. Pemain juga dapat dikatakan offside meskipun secara sengaja atau tidak sengaja terkena bola saat dirinya berdiri sendiri di belakang pemain lawan. Saat pemain offside, wasit pembantu akan mengangkat benderanya.

Sejarah Asal Usul Peraturan Offside

Peraturan offside ini diadopsi dari pertandingan Rugby mulai tahun 1800an. Peraturan Offside pertama kali diterapkan di dunia sepakbola pada tahun 1985, ketika itu Seffield FC mempunyai usul aturan untuk melarang pemain depan berdiri sendiri di daerah penalti lawan. Jika pemain tersebut menerima umpan dari kawannya, maka dia dinyatakan dalam posisi offside.

Dalam perkembangan Sepak Bola sudah terjadi tiga kali perubahan peraturan offside, berikut ini tiga perubahannya :

1. Peraturan Offside dengan Tiga Pemain Di Belakang
Peraturan offside ini pemain depan sudah dinyatakan offside meskipun di depannya masih terdapat tiga pemain belakang lawan, termasuk penjaga gawang.

2. Peraturan Dua Pemain Di Belakang
Peraturan Offside ini di usulkan oleh Asosiasi Sepakbola Skotlandia pada tahun 1904 ketika FIFA mulai didirikan. Pemain depan dikatakan offside ketika hanya terdapat dua pemain belakang lawan yang berdiri di antara dia dan gawang lawan. Dua pemain belakang yang dimaksud adalah seorang kiper dan satu pemain belakang.

3. Peraturan Satu Pemain Di Belakang
Pemain depan dinyatakan offside, ketika pada saat menerima umpan hanya tinggal satu pemain belakang lawan di depannya. Satu pemain itu adalah penjaga gawang.

Itulah pengertian Peraturan Offside dalam pertandingan Sepak Bola, semoga dengan artikel di atas Anda sekarang mengerti apa yang dimaksud offside dalam pertandingan sepakbola. Baca Juga Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Internasional FIFA

Pengertian Offside Dalam Permainan Pertandingan Sepakbola Adalah | infosahabat | 4.5

Leave a Reply