Ukuran Bola Sepak Bola Standar FIFA Internasional

Ukuran-bola-sepak-bola-standar-international-fifa

Bola Sepak

Ukuran Bola Sepak Bola Standar FIFA – Dalam permainan Sepak Bola salah satu peralatan utama adalah Bola. Dalam setiap pertandingan Internasional ukuran Sepak Bola sudah diatur oleh Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA. Dalam peraturannya FIFA mengatur tentang pemantulan, diameter, akurasi dan peresapan air jika terkena air.

Bola yang digunakan dalam pertandingan sepakbola juga tidak sembarangan, bahannya terbuat dari bahan kusus atau dari kulit. Bahan yang digunakan untuk pembuatan bola ini tidak boleh dari bahan yang berbulu.

Bola Sepak bola ini juga harus memenuhi kriteria mulai ukuran diameter, berat bola, tekanan udara di dalam bola, pantulan bola juga harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan oleh FIFA. Berikut ini Ukuran Bola Sepak Bola Standar menurut FIFA.

Ukuran Bola Sepak Bola Standart FIFA International:

  1. Dieameter bola tidak boleh kurang dari 68 centimeter dan ukuran maksimal tidak boleh lebih dari 71 centimeter.
  2. Berat Bola Sepak tidak boleh kurang dari 398 gram dan tidak boleh lebih dari 453 gram.
  3. Tekanan Udara dalam bola 8–12 psi, ini artinya jika bola dijatuhkan ke tanah, kelembaman atau pemantulan bola sekitar 60 %, maksudnya saat bola dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, maka bola harus memantul balik setinggi 60 centimeter.

Selain standar yang ditentukan oleh FIFA diatas, ada tambahan lagi untuk warna yang direkomendasikan atau disarankan untuk warna bola. Yaitu warna bola tidak boleh sama dengan warna lapangan. Karena hal ini dapat mengganggu para pemain, karena kalau warnanya sama maka akan mengganggu pengelihatan pemain.

Untuk permainan Sepak bola yang dilakukan di daerah bersalju, maka disarankan untuk menggunakan bola yang berwarna merah cerah atau orange, hal ini dimaksudkan agar saat terjadi hujan salju pemain masih dapat melihat bola dengan jelas.

Ukuran Bola Sepak Bola Standar FIFA Internasional | infosahabat | 4.5

Leave a Reply